Skip to main content

Pencarian Sekolah Dasar..

Akhirnya ikutan kena deh.. syndrom pencarian sekolah yang amat bikin pusing..



Tahun ini Tania pas berusia 6 tahun, insya Allah lulus TK B nya dan insya Allah lagi harus melanjutkan sekolah dasar... apa udah SD? yaakk udh ES DE... anaknya udh gede bangeeeett... perasaan baru kemaren masa-masa lucu nya...

Soal sekolah SD, aku sama suami awalnya sepakat mau ambil SD negeri ajah, karena kita punya beberapa alasan untuk itu.. lagian kita berdua juga alumnus sd negeri kok.. jadi yakin klo sama ajah bagusnya sama sd swasta... alasan yang paling utama adalah soal sosialisasinya.. di sd negeri anak bergaul dari semua kalangan dan itu bisa membentuk dan mengajarkan tentang empati buat si anak itu sendiri.

Trus aku sama ayahnya juga sepakat klo bisa untuk smp nya nanti tania masuk di salah satu smp negeri deket rumah, yang pas pertama kali ngeliat aku dan suami langsung seperti jatuh cinta, ternyata itu smp favorit dan agak susah masuk disitu.. tapi aku pengeen tania bisa masuk situ.. karena deket banget sama rumah dan kualitasnya bagus... ini yang sekolah siapa, kok ya yang maksa mama nya.. *toyor diri sendiri..



karena masih ambisi dengan smp itu... akhirnya aku sama ayahnya gugling soal smp itu.. sampai-sampai si ayah cari tau untuk masuk ke smp itu, peluang banyaknya dari sd mana ajah.. ternyata dari sd yang satu yayasannya dengan TK nya kakak juga banyak yang masuk kesitu.. bahkan nomor dua terbanyak.. ternyata bener apa yang di bilang ibu-ibu di sekolahan.

pencarian sd pun di mulai... dari kandidat-kandidat yang ada dicari info nya, apa sesuai dengan kriteria - kriteria kami..

1. Sekolah jangan terlalu jauh dari rumah.
ini penting karena biar ngga ribet urusan antar jemputnya, trus tania juga ngga terlalu cape. Kalau perlu bisa di akses hanya dengan jalan kaki.    

2. Sekolah tidak terlalu lama waktu belajarnya, ya paling lambat pulang itu sekitar jam 2 an ajah.

3. Visi dan misi sekolah nya bagus..

4. Metode belajar dan kualitas sekolah.
karena biasanya untuk sekolah dasar yang  banyak lulusannya yang bisa masuk ke SMP unggulan. maka itu berarti sekolah tersebut mempunyai sistem pembelajaran yang bagus dan kualitas sekolah yang bagus juga. Bukan hanya sekedar terakreditasi.

Untuk masalah kurikulum, kami ngga menganut harus nasional plus atau internasional, karena kami sebagai ortu belum punya rencana nyekolahin tania di luar negeri, lain cerita klo nanti Allah menghendaki lain.
kalau kata pak suami sekolah SD itu juga ngga terlalu di permasalahkan di CV atau waktu interview kerja, jadi ngga usah yang terlalu gimana gituh.

5. Poin terakhir pastinya adalah biaya yang rasional dengan keuangan kami.
Jangan sampai maksain sekolah di sekolah mahal trus nanti ngga ada biaya lagi untuk ke sekolah tingkat selanjutnya. 

Setelah survey lokasi sd negeri yang di incer, kok ya semuanya lumayan jauh dari rumah... padahl berharap banget bisa tetep kekeh di negeri.. kan lumayan klo uang bulanan yang katanya gratis itu di sisihkan untuk investasi RD atau nabung buat nambahin biaya kuliah nanti. Tapi ya itu kadang tidak semua keinginan sejalan dengan kenyataan

Memang untuk sd negeri rasa nya makin pesimis selain dari segi jarak, juga dari segi umur yang mana tania tahun ini genap 6 tahun dan katanya HARUS 7 tahun untuk masuk ke negeri :((

Akhirnya kandidat swasta pun di datangi, yang satu SD PB dan lokasi lebih jauh lagi di banding sd negeri yang ada, jadinya di putuskan untuk datang ke sekolah nya tania dan tanya-tanya soal sd nya.

Seperti nya kami cocok dengan sd itu dari berbagai macam segi nya, segi biaya masih rasional, segi jarak apalagi.. deket banget dan sedia jemputan juga sekolahnya, trus segi waktu belajar juga okeh tidak sampai lebih dari pukul 2 siang dan sekolah senin-jumat.

Untuk visi misi sudah bagus dan cocok, karena tania pun TK di situ dan tidak jauh beda misi nya, segi lingkungannya dan fasilitasnya juga baik dan yang terakhir untuk metode pengajaran dan kualitas sekolahnya, ya menurut data yang ada sebagian besar dari sd ini masuk ke smp unggulan yang kami mau. ditambah lagi di sd ini banyak sekali kegiatan ekskul nya seperti melukis, menari, drumband, bela diri dsb, untuk biaya ekskul nya sendiri semua gratis menurut info yang kami dapat kemarin.

Poin terakhir yang paling penting adalah tania memang hanya mau sekolah di situ.. yo weiiiss langsung ambil formulir dan tinggal tunggu tanggal tes nya.

Rincian biaya nya kurang lebih seperti ini yang kemarin kami dapat info nya dari SD Tugu Ibu 1 Depok:
1. 5.100.000 untuk biaya gedung, seragam, asuransi dll ( ini biaya karena lulusan TK yang sama)
2. 980.000 untuk biaya ujian,buku dan lks selama 1 tahun.
3. 300.000 untuk biaya spp per bulannya. 

untuk spp bulan pertama sudah masuk di biaya yang 5,1 itu.. jadi dana yang harus di siapkan kurang lebih 6,1 jt untuk masuk disitu...menurut kemampuan kami ini masih rasional dan masih terjangkau.

jadi sekarang tinggal meyakinan diri untuk memilih sekolah ini dan bimbing tania untuk menghadapi test masuknya.. semoga semuanya lancar sesuai prediksi..

kita sebagai orang tua hanya berusaha memilihkan pendidikan yang terbaik buat anak, namun sekali lagi semua itu nantinya si anak yang akan menjalaninya.. semoga dia senang sekolah disitu dan bisa belajar dengan baik dan berprestasi.. amien.

Comments

  1. semoga Tania berhasil yaa tes masuk SDnya.. :)

    ReplyDelete
  2. waah Tania udah mau Sd...bener2 time flies so fast ya Ke...

    btw, kalo masuk sd umur 6 taun, trus nanti masuk smp ga ada bates usia lagi kan untuk masuk smp negrinya ?

    ReplyDelete
  3. Wah Ke, udah punya anak SD nih.. piye rasaneee?? ini Millie br mau masuk PG aja gw nya agak2 gmn gt, apalagi liat anak gw SD yakkkk hehehe

    Semoga lancar yah semua nya Ke :)

    ReplyDelete
  4. Gutlak, Tania :)
    Estimasi biaya SD Nadya kelak juga 6 jutaan, Mak. Cuma gue masih belum yakin nih anak mentalnya udah siap belum untuk SD. Jahat ya gue, meragukan kemampuan anak sendiri :D

    ReplyDelete
  5. faktor jarang yang paling utama ya mbak, suapay agak cape dijalan juga saat anak skeolah

    ReplyDelete
  6. Asslmkm mbak, trimakasih infonya ttg SD nya,kbetulan sy sdang cari Sd juga utk taun ajaran yad.. Klo boleh tau, sd tugu ibu 1 lokasinya dimana ya?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tania begaya..

Ke Batu Secret Zoo & Museum Satwa

cerita yang tertunda banget.. tapi ngga afdol rasanya klo ngga di ceritain, pengalaman yang luar biasa, harus dicatat di sini. Menurut review yang sering aku baca, katanya kebun binatang ini merupakan salah satu kebun binatang terbaik di Asia, dengan fasilitas yang baik dan koleksi hewan yang beragam. Batu secret zoo ini terletak di kawasan Jatim Park dua berdekatan dengan Museum satwa, eco green park dan Hotel pohon inn yang terkenal. Konon katanya menginap di pohon Inn ini klo malam seru bisa mendengar suara suara binatangnya. Back to Bsz, harga tiket yang ditawarkan ada beberapa pilihan dan harga tiket normal Bsz sendiri sudah inc dengan tiket ke museum satwa. Ada paket yang juga sekalian tiket masuk ke eco green park. Sayangnya hari itu aku tidak memilih paket itu karena takut tidak cukup waktu nya, dan bener aja dong kita masuk bsz dari jam 10 pagi sampe jam 4sore :) Untuk HTM nya sendiri yang tidak paket adalah 75ribu/orang pada weekday dan 105ribu/orang pada sa

REVIEW United Trifold

Bulan september lalu saya dapat kado dari suami, sepeda baru.. jenisnya kali ini sepeda lipat. kebetulan di rumah memang kita belum punya sepeda lipat trus saya kena racun dari komunitas sepeda di kantor, jadi mupeng sama sepeda lipat dan akhirnya diskusi sama suami pengen punya.