Skip to main content

Martabak Manis..

Tergiur bikin martabak manis gara gara twitpic nya @irrasistible yang berhasil bikin martabak manis bermodalkan teflon aja..karena dirumah kebetulan punya teflon yg ukurannya sama, jadi makin tertarik untuk ikutan nyoba buat, trus langsung meluncur ke blog resepnya dia disini untuk cari contekannya.

setelah baca resep dan cara buatnya, kok kayanya gampang ya.. makin penasaran deh.. tapi masih bingung dengan ragi instan, belum pernah lihat penampakannya, setelah tanya langsung sama yang punya resep, langsung berburu deh soalnya cuma tinggal itu aja yang bahannya ngga ada dirumah, akhirnya dapet deh tuh si ragi instan alias fermipan di pasar cipete yang ada disebelah kantorku.


Hari pertama nyoba bikin, dari buat adonan nyantai deh.. cepet kok tinggal nyampur-nyampur aja trus pas dituang di teflon mulai panik karena kok ngga muncul lubang porinya.. ditungguin sampe mateng kok ngga muncul juga... hikks sedih ternyata martabak buatanku kali ini gagal karena adonan bantet..

Karena pantang menyerah, besok paginya dikantor nanya deh ke om gugel dengan keyword " kenapa martabak bantet " trus mulai deh tuh baca baca kenapa bisa bantet dapet penjelasan klo ternyata nggak selamanya pake ragi instan semua adonan itu bisa mengembang bagus. dan ternyata lagi pertumbuhan si ragi ini bergantung kepada jenis tepung yang dipakai, suhu ruangan, jumlah gula, air, dsb. halahhh udah nyari nya susah dan kemungkinan besar adonan bantet ku karena si Ragi itu. ada 2 kemungkinan yaitu karena tepung yang aku pakai cuma tepung biasa yang dijual di warung tanpa merk dan mungkin juga suhu ruang dan waktu fermentasinya yang kurang lama.

Akhirnya setelah baca dan nemu resep yang ini langsung niat banget nyoba lagi dan pulang kantor mampir ke SPM beli terigu bermerk b***sari nya, trus nyampe rumah abis nyuapin makan malemnya tania langsung masuk dapur bikin adonannya dan kali ini tanpa si ragi instan dan adonan di modif dikit dengan yang resepnya @irrasistible, setelah adonan jadi kan harus didiemin 1 jam dan sambil menunggu adonan itu aku tinggal nyetrika ajah dan pas banget 1 jam setrikaan kelar dan aku mulai masuk dapur lagi kali ini direcokin sama tania.. dia mau ikutan katanya.. dan pas dicoba tuang ke teflon dan ternyata  BERHASSIIILLLL .... yeaaahhh girang bener pas ngeliat adonannya keluar pori yang lumayan banyak... \(^-^)/

penampakan pas adonan di panggang dan setelah di potong

setelah mateng langsung ikutin prosedur taruh di talenan dan di isi toping sesuai selera.. pas sudah selesai dipotong, tania yang doyan banget sama keju langsung nyomot satu dan dia doyaann.. aahhh senangnyaa yang aku buat di makan sama anakku :D
walau bentuk nya kurang tebal adonannya dan teksturnya juga masih jauh dibanding sama punya nya tukang martabak manis favorit di tanjung duren, tapi klo rasa ngga kalah deh..hehehehe ke PD an banget :p  
yang jelas aku cukup bangga senang ternyata bisa juga bikin martabak manis rumahan untuk keluarga ku :)

Comments

Popular posts from this blog

Tania begaya..

Ke Batu Secret Zoo & Museum Satwa

cerita yang tertunda banget.. tapi ngga afdol rasanya klo ngga di ceritain, pengalaman yang luar biasa, harus dicatat di sini. Menurut review yang sering aku baca, katanya kebun binatang ini merupakan salah satu kebun binatang terbaik di Asia, dengan fasilitas yang baik dan koleksi hewan yang beragam. Batu secret zoo ini terletak di kawasan Jatim Park dua berdekatan dengan Museum satwa, eco green park dan Hotel pohon inn yang terkenal. Konon katanya menginap di pohon Inn ini klo malam seru bisa mendengar suara suara binatangnya. Back to Bsz, harga tiket yang ditawarkan ada beberapa pilihan dan harga tiket normal Bsz sendiri sudah inc dengan tiket ke museum satwa. Ada paket yang juga sekalian tiket masuk ke eco green park. Sayangnya hari itu aku tidak memilih paket itu karena takut tidak cukup waktu nya, dan bener aja dong kita masuk bsz dari jam 10 pagi sampe jam 4sore :) Untuk HTM nya sendiri yang tidak paket adalah 75ribu/orang pada weekday dan 105ribu/orang pada sa

REVIEW United Trifold

Bulan september lalu saya dapat kado dari suami, sepeda baru.. jenisnya kali ini sepeda lipat. kebetulan di rumah memang kita belum punya sepeda lipat trus saya kena racun dari komunitas sepeda di kantor, jadi mupeng sama sepeda lipat dan akhirnya diskusi sama suami pengen punya.